Yuk Kita Mengenal Lebih Jauh Batik Tradisi Nusantara

Batik adalah kain polos yang diberi motif dan diwarnai dengan peralatan dan bahan tertentu. Membatik sendiri merujuk pada kegiatan menggambar atau menghias di atas kain yang memanfaatkan canting dan lilin atau parafin sebagai bahan dan alat utama. Hasilnya berupa Batik tradisi nusantara yang indah banget.

Batik sendiri memiliki sejarah yang panjang di Indonesia. Video berikut mengajak anda untuk menilik lebih jauh tentang batik yang menjadi salah satu ikon negara kita. Proses masuknya batik ke setiap daerah dan ciri khas daerah masing-masing pada akhirnya mempengaruhi motif dan warna yang dipilih untuk mewakili setiap daerah. Inspirasi stilasi motif yang diterapkan pada batik juga dipengaruhi oleh lingkungan sekitar.

Di pulau Jawa sendiri, batik menyimpan sejarah yang panjang hingga akhirnya batik menjadi sesuatu yang khas dan pasti ada di setiap daerah di pulau Jawa. Mulai dari abad ke-16, penjelajah dari Eropa sudah menemukan kain-kain dengan cat dan motif warna-warni di pulau Jawa. Hal ini menandakan bahwa sebelum abad ke-16, keberadaan batik sendiri mungkin sudah ada.

Video yang diunggah dengan judul “Menelisik Tradisi Batik Nusantara” ini sudah ditonton lebih dari 100 orang di Youtube, Harian Kompas adalah akun yang mengunggah video berdurasi 1 menit 40 detik tersebut. Dengan menonton video berikut, anda tentunya akan merasa perlu untuk mengetahui sejarah dari batik.

Artikel Menarik Lainnya

One Response

  1. Jani Agung April 14, 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *