Kenal Lebih Jauh tentang Batik Kudus

Batik Kudus adalah salah satu bukti bahwa varietas batik di Indonesia sangat banyak dan beragam. Batik yang menjadi salah satu ikon tradisi Indonesia yang telah diakui sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO. Setiap daerah biasanya juga memiliki ciri khas motif batik yang akan nantinya membedakan antara daerah satu dengan daerah lainnya.

Motif batik dari Kudus juga memiliki ciri khas yang dapat membedakan dari batik dari daerah lain. Untuk selayang pandang, anda dapat mengklik link berikut ini untuk menonton videonya

Sejarah singkat tentang batik Kudus juga perlu anda ketahui. Batik ini mulai populer pada era 70-an di Indonesia. Pengrajin batik pun berasal dari masyarakat pribumi dan juga Tionghoa, hingga hari ini. Motif batik Kudus memiliki kemiripan dengan batik pesisir atau batik dari Pekalongan dan Lasem. Hal ini mungkin disebabkan oleh letak geografis yang berdekatan.

Batik Kudus sendiri juga tampak sebagai batik kombinasi motif dari batik sogan dan juga batik pesisir. Halus dan rumit adalah ciri khas lain dari batik dari Kudus ini.

Video dengan judul “BATIK KUDUS” ini telah diunggah sejak 19 Juni 2015 oleh akun Batik Kudus Alfa SHoofa. Alfa Shoofa sendiri adalah salah satu rumah batik yang menjualnya. Video ini juga telah ditonton lebih dari 300 penonton di Youtube. Selengkapnya dapat ditonton di video berikut

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *