Mengenal Filosofi Motif Batik Yogyakarta

Yuk kita mengenal filosofi motif batik Yogyakarta. Batik tradisional masih dilestarikan dan diminati oleh banyak orang hingga hari ini. Dan seperti yang saya bilang di artikel-artikel sebelumnya, batik tradisional memiliki arti yang berbeda dan tidak bisa dikenakan ke sembarang acara.

Ada batik yang khusus untuk laki-laki dan ada juga untuk perempuan. Beberapa diperuntukkan untuk orang tua, dan lainnya bisa dikenakan oleh calon mempelai yang akan menikah pada acara pra ijab kabul. Begitu juga dengan video berikut ini, ada banyak fakta menarik di balik tiap motif batik dari Yogyakarta.

Pengetahuan semacam ini tentunya akan menjadi pembelajaran yang menarik bagi masyarakat awam. Meskipun begitu, batik tetap dapat dinikmati oleh setiap orang. Menambah wawasan akan batik bukan ilmu yang tidak berguna.

Video dengan judul “Filosofi di Balik Macam Motif Batik Yogyakarta (DIY) #Part1” ini diunggah oleh akun Banu Widiasmara pada 20 Januari 2016 lalu. Video ini juga telah ditonton oleh lebih dari 350 orang di Youtube.

Pembelajaran semacam ini tentunya akan menjadi pelajaran yang berarti dan menyenangkan. Ribuan motif yang ada pada kain batik yang anda miliki mungkin memiliki arti tersendiri yang belum anda ketahui.

Ini merupakan video bagian pertama dan akan ada video lanjutannya untuk mengungkap motif batik lainnya dari nusantara. Anda dapat menonton video ini untuk memperkaya pengetahuan anda tentang motif batik.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *