Batik Besurek: Motif Batik Otentik dari Bengkulu

Seperti yang selalu saya katakan, batik memiliki banyak sekali varian. Setiap daerah memiliki ciri khas pada motif, warna, maupun unsur lainnya pada motif batik. Batik Besurek adalah kain batik dengan motif khas Bengkulu.

Motif pada Batik Besurek biasanya adalah kaligrafi tulisan Arab. Video selengkapnya dapat disaksikan dengan mengklik link berikut ini. Selain ciri khas kaligrafi huruf arab, batik dari Bengkulu ini biasanya juga memadu padankan motifnya dengan motif bunga raflesia. Bunga Raflesia sendiri adalah ciri khas atau simbol dari Bengkulu.

Video ini menyajikan kain batik dengan motif khas Bengkulu yaitu perpaduan antara kaligrafi dan juga bunga raflesia. Secara etimologi, kata Besurek adalah kata dari bahasa Melayu yang berarti tulisan. Maka dari itu, Batik Besurek merujuk kepada batik yang motifnya berasal dari tulisan.

Tentunya ada sejarah di balik ciri khas yang ditunjukkan oleh batik khas Bengkulu ini. Selain motif kaligrafi arab dan juga raflesia, ada beberapa motif lain yang diterapkan pada batik ini yaitu burung kuau, relung kaku, dan rembulan.

Video ini diunggah oleh akun IndonesiaKaya pada 20 Juni 2012. Video ini juga telah ditonton oleh lebih dari 300 penonton di Youtube. Penasaran dengan motif batik khas Bengkulu? Jangan lupa untuk menonton video lengkapnya dengan menonton video berikut ini

Artikel Menarik Lainnya

2 Comments

  1. BatikIndokabana October 3, 2016
  2. Jasa Percetakan February 13, 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *